Selasa, 09 Agustus 2016

Goa Gong Pacitan Jawa Timur

Goa Gong Pacitan di Jawa Timur yaitu satu diantara obyek wisata di Pacitan yang popular serta memegang predikat sebagai wisata goa terindah se-Asia Tenggara. Pesona Goa Gong Pacitan ini bersumber dari pemandangan indah stalaktit serta stalagmit yang bisa Anda jumpai ketika menyusuri goa itu sepanjang lebih kurang 2 jam.



Dengan cara geografis, Kabupaten Pacitan terdapat di lokasi barat daya Jawa Timur, mempunyai bentang alam yang tersusun dari pengunungan kapur yang kurang subur untuk jadikan tempat pertanian. Kandungan hara yang dipunyai tanah di lokasi Pacitan ini termasuk juga sedikit, dengan hal tersebut persyaratan tanah di Pacitan termasuk gersang. Kontur ketinggian tanah di lokasi Pacitan pada umumnya malah lebih buka potensi wisata alam, satu diantaranya Goa Gong Pacitan ini.

Goa Gong dengan cara administratif ada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, berjarak sekitaran 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan. Tempat wisata goa di Jawa Timur yang satu ini dikelilingi oleh pegunungan, samping utara yaitu gunung Manyar, samping selatan gunung Karang Pulut, samping timur Gunung Gede, serta samping barat yaitu gunung Grugah. Ke empat gunung ini yaitu gunung non-aktif.

Goa Gong Pacitan mempunyai kedalaman goa selama 256 mtr. serta mempunyai stalakmit serta stalaktit berusia beberapa ratus th.. Goa ini nampak sebagai akibatnya karena kesibukan vulkanik serta gerakan termik yang diprediksikan berjalan beberapa ratus sampai beberapa ribu th. silam.

Berdasar pada cerita orang-orang lokal, goa ini dinamakan sebagai Goa Gong yaitu lantaran orang-orang sering mendengar ada nada gema tabuhan seperti nada gong yang datang dari dalam goa. Gong yaitu satu diantara alat tabuh dalam kesenian gamelan Jawa. Nada seperti gong dari dalam goa ini yaitu hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menerpa batuan stalaktit atau stalagmit goa itu. Bunyi yang dihasilkannya terdengar serasi serta indah, bahkan juga bila Anda ada di pintu masuk goa itu.

Alamat Goa Gong : Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Peta Lokasi : click disini
Koordinat GPS : -8. 16484, 110. 97984

Baca juga : Berikut 14 Tempat Wisata di Jawa Timur Paling Memikat

Wisata Goa Gong Pacitan
Bila Anda menginginkan nikmati pesona Goa Gong Pacitan yang sungguh kaya keindahan stalaktit (mineral sekunder yang menggantung di langit goa) serta stalagmit (batuan kapur yang berupa meruncing serta ada di lantai goa), Anda bisa masuk ke dalamnya dengan membayar ticket masuk Goa Gong sebesar Rp 5 ribu per orang.

Stalaktit serta stalagmit di Goa Gong Pacitan ini bakal alami perkembangan memanjang lewat sistem alami akibat reaksi oksidasi atau reaksi kimia pada hawa dengan air. Rata-rata perkembangan panjang stalaktit serta stalakit di goa ini sekitar pada 0. 1 sampai 0. 13 mm per th..

Waktu berkunjung ke Goa Gong Pacitan, Anda bakal di ajak menyusuri tangga serta melihat beragam panorama gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, serta tetesan air di ujung-ujung goa yang membuat laksana danau kecil.

Pilar-pilar stalagmit tumbuh menjulang tinggi serta tampak sama-sama bertumpuk keduanya, menyuguhkan pemandangan ukiran batuan yang hidup berbarengan dengan tetesan air yang tidak pernah kering. Anda tak perlu cemas bakal gelap waktu menyusuri kedalaman Goa Gong Pacitan ini lantaran bebrapa sisi goa sudah dilengkapi dengan lampu warna-warni yang ikut memberi keindahan dalam goa.

Saat menyusuri goa, Anda baiknya tetaplah waspada lantaran genangan air yang menetes dari stalakmit jadikan lantai goa ini cukup licin. Anda mungkin saja bakal gampang terpeleset bila tak waspada mengambil langkah.

Sesudah penyusuran usai serta Anda keluar dari dalam goa, Anda lihat banyak pedagang yang menjual dagangan, dari mulai bermacam makanan, minuman, sampai souvenir photo goa atau lukisan muka yang bisa Anda bawa pulang sebagai cinderamata. Biasanya harga yang di tawarkan untuk souvenir ini sekitar dari Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu per item.

Bila Anda menginginkan beli kaos atau cinderamata yang lain, Anda bisa menemukannya pada stand-stand di arah keluar Goa Gong Pacitan. Harga yang di tawarkan cukup variasi, pada umumnya masihlah bisa terjangkau. Di Indonesia, pengalaman wisata goa dapat juga Anda jumpai di Goa Pindul Jogjakarta.

Hotel di Ruang Goa Gong Pacitan
Bila Anda merencanakan bermalam, Anda bisa mencari hotel dekat Goa Gong Pacitan ini. Ada bermacam type penginapan, seperti hotel dan sebagainya dengan sarana bermacam.

Anda bisa menghubungi pihak hotel disana atau mencari hotel di dekat Goa Gong dengan cara on-line. Satu diantara booking on-line yang popular di kelompok pencinta perjalanan yaitu AGODA.

Rute Perjalanan ke Goa Gong Pacitan
Kota Pacitan berjarak sekitaran 101 km dari kota Madiun. Bila Anda mengawali perjalanan dari kota Yogyakarta atau Solo, Anda bisa meniti rute perjalanan lewat kota Solo serta selalu lanjut masuk daerah Ponorogo, lalu bakal masuk lokasi Madiun, baru lalu tiba di Pacitan. Dari Jogja ke Pacitan, durasi perjalanan bakal mengonsumsi saat sekitaran 5 jam.

Bila Anda pilih angkutan umum serta mengawali perjalanan ke Pacitan dari kota Surabaya, Anda bisa memakai bus patas yang bakal membawa Anda ke Ponorogo, lantas ganti bis lagi yang bakal mengantarkan Anda ke Pacitan.

Dari pusat kota Pacitan, Anda butuh meniti perjalanan sepanjang sekitaran 30 menit agar bisa tiba di lokasi wisata Goa Gong Pacitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.